Press "Enter" to skip to content

RUMAH PRODUKSI BATIK JAMBI BERKAH, PERTAMA DAN SATU-SATUNYA DI JAMBI.

Rumah Batik Jambi Berkah menjadi tempat pertama dan satu-satunya di Jambi sebagai Edukasi dan wisata membatik.

Karena di Rumah Batik Jambi Berkah ini pengunjung bisa belajar proses membatik, hand out materi, mendapat penyampaian materi batik, dan praktik Batik tulis dan cap.

Rumah batik ini pertama kali diresmikan Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Selasa (18/2).

Lokasinya yang berada di Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura ini, tidak jauh dari pusat kota Jambi.

Sehingga pengunjung yang ingin melihat proses membatik tidak sulit untuk mengakses lokasi rumah batik Jambi berkah ini.

Rifdatul Khoiro sebagai Owner dari Rumah Produksi Batik Berkah mengatakan, meskipun rumah batik ini baru diresmikan, namun ibunya sudah mulai membatik dan mengajarkan cara membatik sejak tahun 1987. Menurutnya ini merupakan usaha yang sudah bertahan lebih dari 10 tahun.

β€œIni semua menunjukkan proses bahwa kami sekeluarga berkomitmen untuk meningkatkan kebudayaan batik di Kota Jambi. Semua berhasil ditorehkan karena nilai konsisten, tekun dan kejujuran,” katanya.

Di Rumah Batik Berkah ini nantinya pengunjung bisa melihat setiap step pembuatan batik. Mulai dari memotong kain, pengecapan batik, melukis batik, memberikan lilin di batik, pewarnaan batik, hingga menjadi potongan kain yang siap dipakai.

β€œKami akan buka tiap hari untuk siapapun yang ingin mengajak tamu terhormatnya untuk belajar membatik disini. Mulai dari tamu luar daerah, mancanegara, hingga anak-anak sekolah yang ingin belajar membatik secara gratis. Semoga awal ini menjadi kebanggaan bagi warga Kota Jambi,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjambi.com dengan judul Walikota Fasha Resmikan Rumah Batik Berkah, Tempat Edukasi Membatik Pertama di Jambi, https://jambi.tribunnews.com/2020/02/18/walikota-fasha-resmikan-rumah-batik-berkah-tempat-edukasi-membatik-pertama-di-jambi.
Penulis: Rohmayana
Editor: budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *